Contact Me

Wednesday, May 11, 2016

Resep Masakan --- Tumis Pare




Heyyoo cemuaaah... Masak apa hari ini? Walaupun gak ada yang nanya ke ane, ane tetap akan bilang kalau ane hari ini bikin Tumis Pare dan ane mau berbagi resepnya nih, masakan dengan bahan dasar pare. Pare? Pahit? Tenang, rasa pahit pada pare dapat dikurangi koq ^_^

Sedikit curhat eeaaa, boleh gak? Ya pasti boleh dong, karena ini emang blog ane dan terserah ane mau nulis apa, suka-suka ane ajah! Hehehe... Pare, sebenarnya makhluk Tuhan yang satu ini sudah ane benci sejak lama, bahkan sejak sebelum ane dilahirkan ke dunia. Kenapa? Yay, tentu karena rasanya yang pahit beuuuh gak enak banget. Pokoknya ane anti banget deh sama yang namanya pare. Tapi pemirsah, koq bisa ya sekarang ane malah suka banget sama si pare ini? Entah dari mana asal muasalnya, ane juga lupa, berakhir dengan obrolan ane dengan tante ane  yang dia sudah jadi tukang pijat bahkan sebelum umurnya mencapai 20 tahun *sekedar perkenalan tentang tante ane* Obrolan kami bertambah seru dengan membicarakan menu makanan untuk buka puasa (ceritanya lagi bulan puasa). Secara tiba-tiba ane membicarakan pare. Tante ane bilang, itu sayur kesukaan beliau. Akhirnya ane mengajak tante ane masak-masak pare, ceritanya ane mau coba-coba gitu sama si pare. Lalu tante ane ngajarin ane bikin tumis pare. Pas buka puasa, ane cicipin deh tu masakan, gila, enak bengeeuuut, bikin ketagihan, bahkan sampai sekarang ane masih tergila-gila dengan sayur pahit ini.

Langsung yuks, ke TKP, berikut resepnya.

Bahan-bahan:
-      2 buah pare ukuran sedang
-      4 siung bawang merah
-      2 siung bawang putih
-      1 buah tomat yang agak besar
-      5 buah cabe rawit atau sesuai selera
-      1 sdm garam
-      Secukupnya minyak goreng, air, gula

Cara membuat:
-      Pare dibelah dua, buang bijinya, iris tipis-tipis.
-      Masukkan pare dan garam ke sebuah wadah, remas-remas pare bersama garam sampai berair, biarkan 10 menit, cuci bersih.
-      Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabe rawit.
-      Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan gula.
-      Masukkan pare dan sedikit air.
-      Aduk-aduk dan masak terus hingga matang.
-      Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

NB:
Tidak perlu ditambahkan garam lagi ketika menumis pare, karena sudah diberi garam saat meremasnya.

Selamat Mencoba!

           

No comments:

Post a Comment