Contact Me

Friday, June 21, 2013

Tips --- Belajar Santai dan Menyenangkan (Versi Mbak Yu)



Hello Bro and Sis, ane mau share tips nih, ya, tips agar belajar terasa lebih menyenangkan. But yeah, ini versi Mbak Yu! Jadi, ane mohon ma’af jika ada yang merasa tidak cocok atau ada yang tidak berhasil dengan tips ini *kesalahan bukan terletak pada wajah ente, tapi mungkin memang karena kita berbeda, hehe*.

Ane sering banget malas belajar, bosan, jenuh, bete, muyak, ngantuk, dan akhirnya ane tidur di meja belajar dengan buku-buku pelajaran sebagai alasnya *aib ini aib, ya Allah ane bongkar aib*. Serius deh, ane sering begitu, iya, sering banget. But, biasanya kejenuhan ane yang seperti itu bisa dihilangkan, walaupun kadang kagak hilang semuanya sih, masih ada tersisa sedkit rasa jenuh (ini emang kalau lagi jenuh level 36,5. Kalau masih jenuh level 15 sih bisa dihilangkan semua jenuhnya.).

Kalau kita lagi jenuh belajar, itu pasti kita merasakan ada hal yang lebih menyenangkan daripada belajar, hal itu terus menggoda, menggoda, dan menggoda. Nah, kalau versi ane, cara mengatasi hal seperti itu adalah dengan mengikuti saja godaan itu, tapi sekedarnya saja. Contohnya nih: disaat ane belajar tiba-tiba Hp ane menggoda, nafsu juga kan ane jadinya kalau digodain begitu. Yeah anggap aja misalnya itu godaannya berupa ane kangen ama teman ane dan pengen SMSin dia. Kagak konsen kan jadinya ane. Nah, kalau sudah begitu, ane SMSin aja teman ane itu, ane tanya kabarnya. SMSnya kagak usah deh nanya-nanya ke dia sekarang pacaran ama siapa, berapa banyak pacarnya, terus minta disebutkan satu-persatu nama pacar-pacarnya, repot jugakan dia balas SMSnya, gimana kalau misalnya pacarnya ada 13, repot dia ngetik nama-nama itu, jadi ya sudah, kagak usah nanya yang begituan, nanti aja nanyanya kalau sudah selesai belajar. Kagak berlebihankan SMS ane *kagak mubadzir*, sekedarnya saja. Begitu juga kalau ada godaan lain, ikuti saja, tapi sekedarnya sajalah. Kalau mau yang lebih dari sekedarnya, nanti dulu, prioritaskan belajarnya. Lanjutkan belajar dan sedikit problem sudah teratasi.

Kalau ane jenuh belajar karena sebab yang kagak jelas, ane biasanya belajar sambil mendengarkan music, ya music yang ane sukai tentunya. Rasa jenuh ane biasanya juga berkurang setelah membaca cerita humor atau menonton video humor. Jadi biasanya tuh kalau ane lagi bosan banget, ane sempatkan untuk berkunjung ke Mbah Gugel untuk searching cerita humor, bisa juga nonton video humor hasil donlotan ane.

Ada lagi nih, rasa mengantuk. Ane juga kagak bisa memaksakan diri untuk belajar disaat ngantuk. Sering sih, maksain buat belajar, tapi yang terjadi bukannya bertambah ilmu, malah otak ane jadi blur gara-gara belajar disaat ngantuk berat *seberat badan ane, maybe*. Jadi, menurut ane kalau lagi ngantuk tuh ya mending tidur aja, pas bangun langsung mandi, dan memulai belar lagi. O iya, ane jadi ingat sesuatu nih, ane pernah dikerjain ama teman ane *kagak usah disebutkan namanya deh ya, aib* Waktu itu udah malam, ane ngantuk, tapi ane masih ingin belajar, belajar ekonomi itu kalau kagak salah. Ane SMSin teman ane itu, ane tanya ama dia gimana caranya menghilangkan rasa ngantuk, terus, dia bilang kalau caranya tuh minum kopi tapi kagak pakai gula. Ya ane dengan begonya, bahkan sangat bego, ane nurut aja ama dia. Ya Allah ya Rabb itu kopi pahiiit banget banget banget. Tapi anekan  masih semangat belajar, ya ane habiskan tuh kopi satu gelas. Ya tetap aja ngantuk. Bego banget deh ane, mau aja dibohongin. But, kalau menurut ane sih ya, kejadian itu tuh merupakan bagian dari humor hidup ane, ane sering ketawa-ketawa kalau ingat itu, betapa begonya ane. Thankz buat sie Mas Pahit, ente emang pahit banget! Sorry ya, ini out of topic. Okey kita kembali *ke jalan yang benar*.

Rangkumannya nih, tips belajar santai dan menyenangkan (versi Mbak Yu):

1.  Bila ada godaan berat pas lagi belajar, ikuti aja godaan itu, tapi sekedarnya saja.
2.    Belajar sambil mendengarkan musik favorit.
3. Sempatkan diri sebentar saja untuk membaca cerita humor atau menonton video humor yang bisa mambuat ente tertawa.
4.    Jangan memaksakan diri untuk belajar kalau lagi ngantuk.
5.    Belajar bersama teman.

Pesan: Tulisan ane ini jangan disalah tafsirkan ya, maksud ane, kalau lagi di kelas misalnya, terus ente ngantuk, ya jangan tidur disitu. Yang ane maksud dalam postingan ini semua tipsnya dikerjakan di tempat kebebasan kita, misalnya di rumah kita sendiri. Jangan sampai deh, pas guru ente menjelaskan materi, ente malah asyik dengerin musik.Jadi, kalau ente sedang belajar di kelas, ya belajar aja, jangan menggunakan tips ini, karena tips ini hanya bisa digunakan di tempat yang memungkinkan saja.

Mungkin hanya ini yang bisa ane sampaikan, jika ada salah kata mohon dima’afkan. Kirimkan kritik dan saran ente untuk perbaikan blog ane. Sekian dan terimakasih.


Salam Pelajar…!


2 comments: