Contact Me

Sunday, August 4, 2013

Mbak Yu Ingin Menjadi Mahasiswi (Part 1): Mencari Informasi Tentang Kuliah, Mencari Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Mendaftar SBMPTN


Alhamdulillaah

Dimulai dengan ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena ane masih diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman disini. Ane akan membuat review perjalanan panjang ane hingga akhirnya ane dinyatakan sebagai mahasiswa baru jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Banjarmasin.

Okey, ane mulai dari awal ya, mungkin ini juga merupakan kelanjutan dari Acara-Acara Kelulusan Kelas XII MA Mikha Tahun Ajaran 2012/2013 (Part 1) dan Acara-Acara Kelulusan Kelas XII MA Mikha Tahun Ajaran 2012/2013 (Part 2). Sebelum dinyatakan lulus MA, ane mencari informasi seputar masalah kuliah, kuliah itu seperti apa sih, apa aja sih kegiatan anak kuliahan itu, apa sih manfaatnya kuliah, jurusan apa aja sih yang tersedia, dan lain-lain, ya pokoknya ane cari tau deh tentang semua itu. Ane sering bertanya sama teman-teman ane yang sudah berpengalaman, yaitu kakak-kakak yang sudah kuliah di Perguruan Tinggi pilihannya. Banyak juga brosur Perguruan Tinggi yang ane kumpulkan *hobi baru, mengoleksi brosur*. Selain itu, ane juga sering berkunjung ke kediaman A’a Gugel, demi mencari informasi-informasi tersebut. Tapi ya tetap aja, masih ada jawaban dari pertanyaan ane yang belum ane pahami dengan betul-betul, karena ane memang buta banget masalah kuliah itu, ane gak tau apa-apa deh.
 

Ane mau mendaftar di Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), tapi ane gak tau bagaimana caranya. Katanya, ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas tersebut, dan ane gak ngerti sama jalur-jalur itu. Katanya, ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SENYUM (Serius deh, ane bingung pas baru pertama kali mendengar ada yang namanya jalur SENYUM, koq namanya SENYUM sih? Apa karena jalur itu mau mengamalkan “senyum itu sedekah”, jadi dia suka tersenyum gitu? Gak tau deh. Tapi, katanya jalur SENYUM itu mahal banget biaya pendaftarannya, tapi koq SENYUM sih namanya? Itu kan artinya tersenyum diatas penderitaan orang lain. Bingung juga ane).

Hari demi hari, ane masih belum mengerti juga sama jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru itu. Hingga pada akhirnya guru ane memberikan buku panduan pendaftaran SBMPTN kepada ane. Disitu lengkap banget mengenai tata cara pendaftarannya. Ane pelajari buku panduan itu. Ane mulai mengerti, tapi masih ada yang ane gak ngerti, ane gak ngerti sama yang namanya kelompok Saintek, Soshum dan Campuran. Mata pelajaran yang diujikan dalam ujian tulis Saintek terdiri atas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian tulis Soshum terdiri atas Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dan yang Campuran itu adalah campuran Saintek dan Soshum. Nah, yang ane gak tau tuh prodi-prodi apa aja yang termasuk kelompok Saintek dan prodi-prodi apa aja yang termasuk kelompok Soshum. Ane bingung banget. Ane mencoba bertanya sama teman-teman, tapi gak ada jawaban yang meyakinkan, iya, mereka menjawabnya dengan ragu-ragu *bisa jadi bisa jadi*. Tapi untungnya, pada waktu ane membuka laman resmi SBMPTN, ane klik “Daftar Prodi”. Disitulah ane bisa memahami kelompok Saintek dan Soshum.

Setelah ane tau prodi-prodi yang termasuk kelompok Saintek dan Soshum, ada lagi yang bikin ane bingung *ribet banget sih ane*. Didalam formulir pendaftaran tersedia pilihan 1, pilihan 2, dan pilihan 3 yang diisi oleh si pendaftar dengan Perguruan Tinggi yang dituju dan prodi yang diminati. Nah, yang ini ane bingung, dalam pengisian prodi itu boleh gak ane memilih prodi dengan fakultas yang berbeda. Misalnya di pilihan 1 ane memilih prodi Matematika (FMIPA), pilihan 2 ane memilih prodi Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP), pilihan 3 ane memilih prodi Pendidikan Ekonomi (FKIP). Berbeda kan itu fakultasnya, FMIPA dan FKIP. Ane sudah mencoba bertanya, katanya gak boleh. Gimana donk? Ane bingung, maunya ane begitu, memilih prodi di fakultas yang berbeda. 

Sebenarnya, yang menjadi masalah buat ane adalah ane pengen memilih prodi Matematika (FMIPA), berarti nanti ane akan mengikuti ujian tulis Saintek, tapi ane pas MA-nya jurusan IPS, ya sudah pasti ane gak bisa kalau harus mengerjakan soal ujian tulis Saintek yang terdiri dari mata pelajaran IPA. Apa ada yang bingung? Kenapa ane mau mengambil prodi kelompok Saintek, sedangkan ane sudah tau bahwa ane gak bisa menjawab soal ujiannya? Jawabannya, ane berharap keberuntungan! Ya ane akan belajar IPA walaupun cuma sedikit, siapa tau nanti ane bisa menjawab soal ujiannya. Tapi yang namanya berharap keberuntungan kan gak pasti juga tuh, makanya ane pengennya memilih prodi yang Campuran aja, campuran Saintek dan Soshum. Tapi yang ane pengen tuh dari fakultas yang berbeda, tapi katanya itu gak boleh. Ane bingung juga jadinya. Hingga pada akhirnya ane menentukan pilihan prodi. Kalau gak boleh memilih prodi dengan fakultas yang berbeda, maka dalam ketiga pilihan itu ane akan memilih FKIP semuanya. Sedangkan kalau boleh memilih prodi dengan fakultas yang berbeda, ane akan memilih FMIPA dan FKIP. Selesai sudah kebingungan ane.

Pada hari Jum'at, 31 Mei 2013, ane berangkat ke Unlam, Banjarmasin untuk melakukan pendaftaran. Padahal bisa aja sih kalau ane mendaftarnya di rumah ane aja, kan pendaftarannya online tuh, tapi ane takut kalau nanti terjadi kesalahan dalam pengisian formulir pendaftaran online itu, jadi ane lebih memilih mendaftarnya di Rektorat Unlam aja, ada pembimbingnya disitu untuk mengisi formulir online tersebut.

Pertama-tama ane ke Bank Mandiri dulu, karena pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN itu di Bank Mandiri, ane bayar Rp.200rb di situ karena ane mengambil kelompok Campuran, setelah bayar tuh ane dapat nomor KAP dan PIN-nya. Setelah itu ane ke Rektorat Unlam mau mendaftar. Eh ternyata, antre woooy antre, pas ane mau mengambil nomor antrean, ane disuruh datang lagi aja jam 2 ke situ, soalnya sudah 50 yang ngantre, kelamaan katanya kalau harus menunggu yang itu. Ya sudah, ane ke rumah om ane aja, nungguin jam 2.

Jam belum menunjukkan pukul 2, tapi ane sudah berangkat ke Rektorat Unlam. Di ruang pendaftaran masih sepi, cuma ada ane dan satu cowok yang mau mendaftar. Pembimbingnya juga belum ada disana. Ane menunggu deh. Pas pembimbingnya sudah datang, gak pakai nomor antrean lagi karena ane dan yang satu orang itu datang paling awal dan belum ada yang lain yang datang untuk melakukan pendaftaran.

Pendaftaran secara online dimulai. Ane mulai mengisi e-formulir secara online, yang pertama diisikan tuh nomor KAP dan PIN, terus,,, pas di-klik “login” koq ya lamannya kembali lagi ke laman awal, ya Bapak yang membimbing itu juga bingung, “kenapa kembali lagi” katanya, jadi ane jelasin aja, sudah di-klik “login”. Habis itu ya sedikit terpaksa ane mengulang pendaftaran dari awal, mengisi nomor KAP dan PIN. Ane lupa urutan ceritanya nih! Hehee… *maklum aja ya, memang begitu* Pokoknya itu servernya error! Keerrorannya antara lain: Pas login captcha gak muncul, tombol login gak muncul, terus ditahap pendaftaran selanjutnya pas di-klik “berikut” malah kembali lagi ke laman awal, juga ada tuh yang “sambungan diputus”, ada juga yang masuk ke laman tanpa isi sama sekali padahal di addres barnya betul aja tuh untuk laman pendaftaran SBMPTN, dan ada juga sie Mbak LoLa. Keerroran itu berulang berkali-kali. Nah, kalo errornya tuh dengan cara kembali ke laman awal, artinya kan ane harus mengulang pendaftaran, mengulang mengetikkan nomor KAP dan PIN, juga mengetikkan di kolom captcha, data-data yang lainnya sih gak perlu diulang, cuma 3 macam itu aja yang harus diulang. Nomor KAP ada 12 digit angka dan PIN 16 digit angka. Nomor itu harus berulang-ulang ane ketikkan, juga captchanya, karena ane juga harus berkali-kali login. Bikin bete banget deh itu servernya, capek kan ane ngetik itu-itu mulu. Jarum jam terus brputar *kayak komedi putar, tapi pelan sih*, waktu terus berjalan *gak naik bajaj dia*, detik demi detik dan jam demi jam berlalu *buang-buang waktu gitu ya ceritanya*, dan ane semakin bete, beteee banget.

Sambil nungguin tuh proses pendaftaran, kami semua bercandaan aja sama pembimbingnya, seru juga sih. O iya, saking betenya, ane juga mencoba buka-buka *jangan buka-buka ah* Gugel, tapi tetap aja bete, gak asyik Gugelnya. Tapi ada juga sih yang menarik perhatian ane, pas ane jalan-jalan di kediaman A'a Gugel itu tuh ane mencari tentang SBMPTN, terus masuk ke blog yang isinya tentang pendaftaran SBMPTN bermasalah, ya disitu dia bilang kalau ATM Mandiri error, jadi gak bisa membayar biaya pendaftaran SBMPTN deh. Berarti juga gak bisa melakukan pendaftaran SBMPTN. Iya, mendaftar kan pakai nomor KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar biaya pendaftaran SBMPTN di Bank Mandiri, jadi gimana mau mendaftar kalau bayar aja belum, gak punya nomor KAP dan PIN-nya kan mereka, kasian… Tapi itu sih gak rugi Rp.200rb ya kalau misalnya mereka gak jadi mendaftar. Kalau ane yang gak jadi mendaftar, rugi ane rugiii. Makin bete pas ingat sudah bayar mahaaall, tapi servernya gila begitu *iya servernya gila dan ane stress, hahaa*.

± 3 jam ane melototi *bangga banget bisa melotot* dan mengubrak-abrik tuh laman pendaftaran, tapi ya tetap aja error: LoLa/kembali ke laman awal/pas login captcha gak muncul/tombol login gak muncul/sambungan diputus *sumpah ini mubadzir banget ya tulisan ane, tadi kan sudah disebutkan apa-apa aja keerrorannya*. Gila! Ane sampai hafal itu nomor KAP, PIN-nya juga hampir hafal ane, saking seringnya login tuh. Ane capek, ane bete, yang ngantre di belakang ane juga sudah bubar. Ya sudah, ane juga pulang deh *hampa neh hampa banget*. Pas Maghrib ane baru sampai rumah.

Eh, lupa, itu loh, tentang pilihan prodi yang membuat ane bingung tadi, kata pembimbing yang disitu boleh aja kalau memilih prodi dengan fakultas yang berbeda. So, pilihan 1 ane adalah prodi Matematika (FMIPA), pilihan 2 prodi Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP), dan pilihan 3 prodi Pendidikan Ekonomi (FKIP).

Next day, 1 Juni 2013 ane ke Rektorat Unlam lagi untuk melanjutkan proses pendaftaran. Kali ini ane pagi-pagi datangnya, pembimbingnya juga belum datang dan pintu ruang pendaftarannya belum dibuka. Menunggu dan menunggu dengan sabar, berharap gak error lagi servernya.

Setelah pembimbingnya siap, kamipun dipersilakan masuk, pakai nomor antrean lagi, tapi ane dan teman-teman yang mau melanjutkan proses pendaftaran yang kemaren tuh gak pakai nomor antre lagi, langsung aja. Alhamdulillaah semuanya lancar, gak error lagi. Pas ane sudah selesai melakukan proses pendaftaran secara online, maka ane dapat kartu tanda bukti pendaftaran SBMPTN tahun 2013.

            
Kini selesai sudah proses pendaftaran dan ane tinggal menunggu hari dilaksanakannya ujian SBMPTN.


Pesan ane buat adik-adik yang nantinya melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi pilihannya: Setiap Perguruan Tinggi memiliki perbedaan masing-masing terhadap Perguruan Tinggi lainnya. Maka, sebelum ente-ente lulus SMA/MA/SMK, carilah informasi tentang Perguruan Tinggi yang ente tuju. Informasi-informasi tersebut bisa ente-ente peroleh dari orang-orang yang sudah berpengalaman, seperti guru-guru ente, teman-teman ente yang sudah kuliah, dan orang-orang terdekat ente yang lainnya *anak tetangga mungkin*. Informasi tersebut juga bisa diperoleh dari media massa, seperti koran, TV, dan internet. Semakin lengkap informasi yang diperoleh, akan semakin baik pula. Kelengkapan informasi dapat membantu ente-ente untuk menentukan Perguruan Tinggi mana dan prodi apa yang akan ente-ente pilih nantinya.

                    

6 comments:

  1. mantaf mbak yu,,,sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Mbak yu,,,guru ane itu siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mana? Yang memberi buku panduan pendaftaran SBMPTN itu kah maksudnya? Itu Guru TIK.

      Delete
  3. Semoga sukses Yu, dan bisa memotivasi adik2 kelasnya yg masih di MA Miftahul Khairiyah untuk melanjutkan keperguruan tinggi setelah lulus nanti. Amin.

    ReplyDelete