Contact Me

Wednesday, August 21, 2013

Mbak Yu Ingin Menjadi Mahasiswi (Part 2): Mengikuti Ujian Tulis SBMPTN 2013


Hey all, sekarang part 2-nya ya, sudah membaca part 1-nya belum? Kalau belum, baca dulu deh, klik disini.

Setelah mendaftar SBMPTN, selanjutnya peserta SBMPTN mengikuti ujian SBMPTN. Ujian SBMPTN ada dua macam, yaitu ujian tulis dan ujian keterampilan. Untuk prodi yang ane pilih, ane hanya akan mengikuti ujian tulis dan tidak diharuskan mengikuti ujian keterampilan.

Ujian tulis akan berlangsung selama dua hari dan lokasi ujian tulis bisa dilihat satu hari sebelum pelaksanaan ujian. Maka pada hari Senin, 17 Juni 2013 ane ke Unlam untuk melihat lokasi ujian tulis tersebut. Berdasarkan kartu tanda bukti pendaftaran SBMPTN 2013 milik ane, ane akan mengikuti ujian tulis di sektor Banjarmasin, lokasi FKIP 2, ruang kuliah 6. Ane survei deh ke situ.

Setelah mengetahui dan mengingat ruang untuk ane mengikuti ujian tulis *karena ane orangnya pelupa, jadi harus diingat, biar gak nyasar nantinya*, ane pulang deh. Tapi, gak pulang ke rumah ane, ane pulang ke rumah tante ane, ane menginap disana mulai hari itu sampai ane selesai mengikuti ujian tulis.

First day, Selasa, 18 Juni 2013. Jadwal ujian tulis untuk hari ini adalah TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKDU (Tes Kemampuan Dasar Umum).

Sekitar pukul 7.30 ane diantar oleh sepupu ane ke TKP. Disana sudah banyak banget orang yang datang, sudah rame banget, rajin-rajin ya mereka...

Peserta akan dipersilakan memasuki ruang ujian pada pukul 8.30, masih lama tuh, kami semua menunggu deh. Ini berasa kayak mau UN juga, ada yang menunggu sambil belajar, ada yang ngobrol-ngobrol, ada yang curhat, dan lain-lain deh. Ane membayangkan bagaimana nanti soal-soal ujiannya, ane berharap soal-soalnya mudah dijawab dan waktu yang tersedia juga cukup untuk ane menjawab soal-soal itu.
.
.
.
Tik-tok-tik-tok-tik-tok
.
.
.
Tiba waktunya kami dipersilakan memasuki ruang ujian dan mengisi biodata...

Soal TPA dibagikan… Jumlah soal ada 75 dan waktu yang tersedia ada 60 menit.

Untuk skor ujian tulis: Jawaban yang benar diberi skor +4, jawaban kosong diberi skor 0, dan jawaban yang salah diberi skor -1.

Ane mulai mengerjakan soal TPA, dimulai dari soal nomor 1. Soalnya mudah, asyik, kayak bermain tebak-tebakan asah otak gitu, cuma bermain logika. Dan menurut ane, soal-soal tersebut juga banyak menggunakan konsep yang sering ane temukan didalam soal Matematika. Tapi sayang oh sungguh sayang,,, program otak ane terlalu lemot, ane butuh waktu banget untuk mengerjakan soal-soal itu. TPA itu mudah, tapi ane gak bisa berpikir dengan cepat *maksud ane, LoLa*.

Finally, waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal TPA sudah habis, ane dengan sangat terpaksa mengumpulkan lembar jawaban ane yang cuma separo isinya itu. Ya sudahlah. Satu hal yang menjadi harapan ane: ane berharap semua peserta SBMPTN juga kehabisan waktu saat mengerjakan soal ujian dan harus mengumpulkan lembar jawaban yang masih sedikit lingkaran hitamnya (gak tau deh ane, apakah ini harapan yang tak baik?). So, kalau gak ada yang dapat nilai ujian yang tinggi-tinggi banget, artinya, masih ada harapan untuk ane lulus SBMPTN dengan nilai ujian seadanya.

Waktunya istirahat (selama 45 menit)...
.
.
.
Waktu istirahat sudah habis, kami dipersilakan memasuki ruang ujian dan mengisi biodata…

Soal TKDU dibagikan... Jumlah soal ada 45 yang terdiri dari 15 soal Matematika Dasar, 15 soal Bahasa Indonesia, dan 15 soal Bahasa Inggris, dan waktu yang tersedia ada 60 menit.

Oh oww, lagi-lagi dan lagi, soal-soal Bahasa Indonesianya panjaaaaang banget, soal-soal Bahasa Inggrisnya juga. Pusing jadinya ane, mengingat waktu yang tersedia tinggal sekarat.

Waktu berjalan begitu cepat *mungkin juga sih waktu gak berjalan lagi, tapi pakai roket dia, jadi cepat banget gitu*, waktu ujian habis dan ane harus mengumpulkan lembar jawaban, kalau tidak salah yang ini lebih 50% ane mengisi jawabannya *juga belum tentu benar semua*.

Second day, Rabu, 19 Juni 2013. Jadwal ujian tulis untuk hari ini adalah Tes Kemampuan Dasar Saintek (Sains dan Teknologi) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (Sosial dan Humaniora).

Sekitar pukul 7.15 ane diantar oleh tante ane. Untuk hari ini, peserta akan dipersilakan memasuki ruang ujian pada pukul 8.45. Ane dan yang lainnya menunggu deh.
.
.
.
Tik-tok-tik-tok-tik-tok
.
.
.
Tiba waktunya kami dipersilakan memasuki ruang ujian dan mengisi biodata...

Soal Tes Kemampuan Dasar Saintek dibagikan… Jumlah soal ada 60 yang terdiri dari 15 soal Matematika, 15 soal Fisika, 15 soal Kimia, dan 15 soal Biologi, dan waktu yang tersedia ada 90 menit.

          
Ane mulai mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar Saintek. Sama seperti saat ane mengerjakan soal OSN dulu, pahami dulu soal nomor 1, gak bisa menjawab, lanjutkan ke soal nomor 2, gak bisa juga, lanjutkan ke soal nomor 3, gak bisa juga, lanjutkan terus sampai habis semua soal ane baca dan pahami, akhirnya sedikit banget yang bisa ane jawab. Kalau tidak salah, dari 60 soal yang ada itu, gak sampai 10 soal yang bisa ane jawab *emang bodoh*. Ane juga gak pakai rumus untuk mengerjakan soal Matematika dan IPA *gak pakai rumus bukan berarti ane pintar banget yang bisa berhitung diluar kepala, tapi lebih tepatnya karena ane gak tau rumusnya*. Karena ane gak pakai rumus, maka satu lembar kertas habis ane corat-coret hanya untuk mengerjakan 1 soal hitung-hitungan *pemborosan*.

Para peserta di sekeliling ane kayaknya santai banget, seperti tidak ada masalah, ya mungkin memang karena mereka bisa menjawab soal-soalnya dengan baik dan benar. Ya sudah, ane juga ikutan sok santai ahh!

Ane bolak-balik tuh lembaran soal, ane baca dan pahami soal-soal yang ada, tapi ya tetap aja gak nyangkut di otak ane, ane gak paham dan gak bisa menjawab soal-soal tersebut. Ya sudah deh ya, ane mengandalkan perasaan aja untuk menjawab soal-soal itu.

Finally, waktu ujian tinggal 5 menit. Wah peserta di sekeliling ane pada kaget dan gerasak-gerusuk panik gitu. Ane santai aja,,, bukan karena ane sudah selesai menjawab soal, bukan, bukan karena itu, tapi, karena ane sudah pasrah banget.

Lembar jawaban dikumpulkan dan isi lembar jawaban ane hanya separo, huh...

Waktunya istirahat (selama 45 menit)...
.
.
.
Waktu istirahat sudah habis, kami dipersilakan memasuki ruang ujian dan mengisi biodata…

Soal Tes Kemampuan Dasar Soshum dibagikan... Jumlah soal ada 60 yang terdiri dari 15 soal Sejarah, 15 soal Ekonomi, 15 soal Geografi, dan 15 soal Sosiologi, dan waktu yang tersedia ada 60 menit.


Ujian terakhir! Buat ane yang ini mungkin lebih mudah daripada soal Tes Kemampuan Dasar Saintek, karena habitat ane memang di IPS. But, tetap aja masih ada masalah, jatah untuk 1 soal hanyalah 1 menit, sudah tau kan tentang proses loading di otak ane? Lemot banget *makanya, pakai Telk*m*** flash dong!*

Detik demi detik, menit demi menit, akhirnya,,, 1 jam sudah berlalu, ane harus mengumpulkan lembar jawaban ane yang masih belum lengkap terisi. Pasrah banget deh ane waktu pengawas ujiannya berjalan menuju tempat duduk ane dan mengambil lembar jawaban ane.

Waktunya pulang…

Sepulangnya dari lokasi ujian tulis, pikiran ane kacau! Lulus gak yaa??? *tidaaak… iyaaa… bisa jadiii…*

Pengumuman hasil ujian SBMPTN adalah pada hari Jum’at, 12 Juli 2013, aduh, berasa masih lamaaa banget. Ya perasaan ane jadi gak enak banget, harus menunggu selama itu.

Ane bukan tipe orang yang percaya diri banget, ane gak yakin akan lulus SBMPTN. Ane gak yakin karena,,, ya itu sudah ane jelaskan diatas, lembar jawaban ane yang cuma setengah isinya.

Lulus-gak lulus-lulus-gak lulus-lulus-gak lulus-semoga lulus

Karena ane gak bisa meyakinkan diri ane bahwa ane akan lulus SBMPTN, maka ane hanya bisa membuat persiapan, apa yang akan ane lakukan nantinya atas terjadinya dua kemungkinan (lulus atau gak lulus): Kalau lulus, apapun prodinya, ane akan serius dan bersungguh-sungguh menjalaninya, sedangkan kalau gak lulus, ane akan mencoba mendaftar di PGSD. Selesai...


No comments:

Post a Comment