Sumber belajar memiliki fungsi sebagai berikut:
1.
Meningkatkan
produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan
membantu guru/pendidik untuk menggunakan waktu secara lebih baik; dan (b)
mengurangi beban guru/pendidik dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih
banyak membina dan mengembangkan gairah dalam belajar.
2.
Memberikan
kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a)
mengurangi kontrol guru/pendidik yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan
kesempatan bagi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.
3.
Memberikan
dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan
program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan
pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
4.
Lebih
memantapkan pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan kemampuan sumber
belajar; dan (b) penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
5.
Memungkinkan
belajar secara seketika, yaitu: (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran
yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit; dan (b)
memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
6.
Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan
menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis (Daryanto, 2016:336-337).
Fungsi sumber belajar tersebut dapat menggambarkan pentingnya sumber
belajar dalam proses pembelajaran dan untuk mencapai tujuan dari proses
pembelajaran itu sendiri.
No comments:
Post a Comment