Contact Me

Monday, April 17, 2017

Fungsi Sumber Belajar


Sumber belajar memiliki fungsi sebagai berikut:

1.     Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru/pendidik untuk menggunakan waktu secara lebih baik; dan (b) mengurangi beban guru/pendidik dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah dalam belajar.

2.    Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru/pendidik yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.

3.    Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.

4.    Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan kemampuan sumber belajar; dan (b) penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.

5.    Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu: (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit; dan (b) memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.

6.    Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis (Daryanto, 2016:336-337).

Fungsi sumber belajar tersebut dapat menggambarkan pentingnya sumber belajar dalam proses pembelajaran dan untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran itu sendiri.

            

No comments:

Post a Comment