Contact Me

Friday, April 7, 2017

Pengertian Sumber Belajar


Berikut pengertian sumber belajar yang dikutip dari beberapa sumber:

1.     Menurut Januszewski dan Molenda (2008), istilah sumber belajar dipahami sebagai perangkat, bahan (materi), peralatan, pengaturan dan orang di mana pembelajar dapat berinteraksi dengannya yang bertujuan untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja (Arsyad, 2014:8).

2.    Seels dan Richey (1994) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan sumber belajar adalah sumber-sumber yang mendukung belajar termasuk sistem penunjang, materi, dan lingkungan pembelajaran (Arsyad, 2014:8).

3.    Sumber belajar dapat diartikan segala bentuk atau segala sesuatu yang ada di luar diri seseorang yang bisa digunakan untuk membuat atau memudahkan terjadinya proses belajar pada diri sendiri atau peserta didik, apapun bentuknya, apapun bendanya, asal bisa digunakan untuk memudahkan proses belajar, maka benda itu bisa dikatakan sebagai sumber belajar (Rusman dkk., 2015:42).

4.    Percival dan Ellington (1993) menjelaskan sumber belajar dari sisi pembuatan adalah seperangkat bahan atau situasi belajar yang dengan sengaja atau tidak sengaja diciptakan agar peserta didik secara individual dan atau secara bersama-sama dapat belajar (Abdullah, 2012:4).

5.    Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar dari segi proses dan hasil belajar. Implementasi pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran tercantum dalam kurikulum saat ini, bahwa dalam proses pembelajaran yang efektif adalah proses pembelajaran yang menggunakan berbagai ragam sumber belajar (Daryanto, 2016:336).

6.    Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu (Daryanto, 2016:336).

Berdasarkan pengertian-pengertian sumber belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar di mana pembelajar dapat berinteraksi dengannya yang bertujuan untuk memfasilitasi, memudahkan dan mendukung terjadinya proses belajar agar dapat mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

       

No comments:

Post a Comment