Contact Me

Saturday, June 20, 2015

Cuap-Cuap Tentang Film --- Child’s Play 1 _ Horror _ Amerika



Sutradara                       :  Tom Holland
Produser                         :  David Kirschner
Penulis                            :  Don Mancini
Pemeran                          :  Catherine Hicks
                                          Chris Sarandon
                                          Brad Dourif
                                          Alex Vincent
                                          Dinah Manoff
                                         Tommy Swerdlow
                                          Jack Colvin
                                          Neil Giuntoli                  
Musik                              :  Joe Renzetti
Penyunting                       :  Roy E. Peterson
Distributor                      :  United Artists
Tanggal Rilis                    :  9 November 1988
Durasi                             :  87 menit
Negara                            :  USA
Bahasa                            :  Inggris
Diikuti oleh                     :  Child’s Play 2 (1990)
Source: Wikipedia

Sebelumnya, ane sudah bercuap-cuap tentang Curse of Chucky, si boneka Good Guys milik Alice. Sekarang, ane baru nonton Child’s Play 1. Child’s Play 1 inilah yang berisi asal muasal lahirnya boneka Chucky yang meneror umat di sekitarnya.

Bermula dengan seorang pembunuh bernama Charles Lee Ray yang menjadi buron polisi. Suatu malam ia dikejar-kejar polisi hingga ia terkena tembakan di kakinya, ia terus berlari dan menuju mobil temannya, Eddie yang sudah sejak tadi menunggu Ray. Namun, sebelum Ray sampai ke mobil tersebut, Eddie segera menjalankan mobilnya setelah ia melihat polisi berdatangan. Ray kini tinggal sendiri berjuang menyelamatkan diri dari kejaran polisi. Ia masuk ke toko mainan, di sana ada Mike Norris yang mengejarnya dan juga masuk ke dalam toko mainan. Di dalam toko tersebut, Ray terkena tembakan lagi oleh Mike di dadanya. Ray yang merasa sudah sekarat dan masih menyimpan dendam dengan Eddie dan Mike, ia berpikir untuk membalas dendam kepada kedua orang tersebut. Dalam masa sekaratnya, Ray menemukan boneka Good Guys, ia kemudian membacakan mantra (atau yang sejenisnya, entahlah, ane kurang paham) untuk memindahkan jiwanya ke dalam boneka tersebut. Setelah mantra dibacakan, toko tersambar petir dan hancur berhamburan. Nampak boneka Good Guys menjadi hidup dengan matanya yang biru.

Beralih dengan cerita seorang anak kecil bernama Andy, ia suka sekali menonton kartun Good Guys. Setelah kartun selesai, selanjutnya acara promosi boneka Good Guys yang dapat berbicara dengan tiga kalimat berbeda. Tentu saja Andy sangat menginginkan boneka tersebut. Ibu Andy, Karen yang tidak memiliki banyak uang tak dapat memenuhi keinginan putranya. Namun, karena Karen merasa kasihan dengan Andy, akhirnya ia berusaha agar dapat membelikan Andy boneka tersebut. Ia meminta bantuan kepada temannya, Maggie untuk mencarikan boneka Good Guys dengan harga yang miring. Mereka akhirnya mendapatkan boneka tersebut dari seorang tukang loak. Karen kemudian membelikannya untuk Andy. Karen dan Andy merasa senang dengan boneka Good Guys itu yang dapat berbicara dengan tiga kalimat berbeda. Andy sangat menyukai boneka barunya yang ternyata boneka tersebut adalah boneka yang berisi jiwa Charles Lee Ray alias Chucky. Kini Chucky tinggal bersama keluarga Andy dan mulai mengancam keluarga tersebut. Korban pertama adalah Maggie yang kebetulan sedang menggantikan Karen untuk menjaga Andy. Maggie yang sembarangan dengan boneka Chucky, akhirnya membuat Chucky kesal dan berujung pada pembunuhan yang dilakukan oleh Chucky di dapur Karen dengan caranya yang agak konyol.

Di lokasi pembunuhan tersebut, hanya ada Andy dan boneka Chucky. Tentu saja sangat tidak mungkin kalau mereka yang melakukan pembunuhan, Andy hanyalah seorang anak kecil dan Chucky hanyalah boneka. Detektif Mike menemukan jejak sepatu anak kecil pada bubuk warna putih yang tumpah di dapur Karen, namun jejak tersebut tak ada yang cocok dengan sepatu milik Andy.

Karen yang sedang sedih karena kehilangan temannya merasa tidak nyaman dengan keberadaan para polisi di tempat tinggalnya, terlebih lagi perilaku Mike terhadap Andy yang tak disukai Karen. Mike dan teman-temannyapun pergi meninggalkan Karen setelah diusir oleh Karen. Sebelum mereka pergi, Andy melihat di sepatu Chucky ada bubuk berwarna putih yang berarti jejak sepatu di dapur adalah jejak Chucky. Andy langsung berlari menuju Karen dan Mike, ia mengatakan bahwa Chucky yang berada di dapur mereka pada saat pembunuhan terjadi. Namun, tak ada yang percaya dengan apa yang dikatakan Andy.

Karen yang masih penasaran dengan Chucky dan Andy, ia mengajak Andy bicara dan menanyakan apa saja yang dikatakan oleh Chucky, Andy menceritakan semuanya yang dikatakan Chucky, seperti “Bibi maggie menyebalkan”, “Chucky dikirim dari surga”, dll. Namun, Karen tetap menganggap Andy hanya mengarang cerita. Karen meyakinkan Andy untuk tidak lagi membuat-buat cerita seperti itu karena Chucky  hanyalah boneka biasa.

Di hari selanjutnya, Andy membawa Chucky ke tempat Eddie dengan Chucky sebagai petunjuk arah. Di sana Eddie tewas terbunuh oleh kenakalan Chucky. Andy yang didapati berada di tempat kejadian kemudian diinterogasi. Andy mengatakan semuanya dengan jujur, namun tetap saja tak ada yang percaya dengan Andy yang mengatakan bahwa Chucky yang melakukan semuanya. Andy akhirnya dianggap memiliki gangguan mental dan harus dirawat di rumah sakit.

Karen pulang sendirian dengan membawa Chucky. Di rumah, saat Karen ingin membuang kotak boneka Chucky, ia mendapati batere boneka tersebut masih utuh tersegel. Ini berarti Chucky telah berbicara tanpa batere di dalamnya. Karen akhirnya menyadari bahwa Chucky memang hidup dan ia percaya dengan semua yang telah dikatakan Andy. Karen ingin membuang Chucky ke perapian, namun tak sempat karena Chucky langsung menyerang Karen dengan menggigit tangan Karen. Chucky kemudian melarikan diri.

Karen pergi menemui Mike dan menceritakan apa yang dia alami, namun Mike tak dapat percaya akan hal itu. Karen dan Mike pergi mendatangi tukang loak yang menjual boneka Chucky milik Andy. Tukang loak mengatakan bahwa ia mendapatkan boneka Chucky di toko mainan yang terbakar di Wabash, tempat di mana Charles Lee Ray terbunuh. Mike kemudian menyadari akan ancaman dari Ray sebelum ia meninggal, bahwa Ray akan membalas dendam kepada Eddie dan Mike. Eddie sudah tewas, artinya sekarang adalah giliran Mike.

Mike kemudian mengecek dokumen Charles Lee Ray. Ia mendapati bahwa Ray nama panggilannya adalah Chucky. Kini Mike percaya bahwa boneka Chucky memang berisi ruh Charles Lee Ray.

Mike dan Karen berusaha mencari informasi mengenai Chucky. Dalam petualangan mereka, akhirnya mereka mengetahui bahwa Chucky ingin memindahkan jiwanya ke tubuh Andy, karena jika semakin lama ruh Chucky berada di dalam boneka, maka ia akan terjebak selamanya di dalam sana.

Mike dan Karen segera mencari Andy untuk menyelamatkannya. Andy kabur dari rumah sakit dan pulang ke apartemennya. Di sana Chucky menemukannya. Saat Chucky membacakan mantra untuk memindahkan jiwanya ke tubuh Andy, Mike dan Karen datng dan berhasil mencegah Chucky. Mike, Karen, dan Andy berjuang melawan Chucky hingga Mike berhasil menembak jantung Chucky dan matilah ia.

Berhubung ane sudah menyaksikan Curse of Chucky (sekuel ke-enam dari serial Child’s Play), jadi ane bisa bandingkan Child’s Play 1 ini dengan Curse ofChucky. Tampak sangat berbeda pada bagian kekejaman dan pembunuhan-pembunuhan yang dilakukan oleh Chucky. Dalam Curse of Chucky, korbannya selalu tampak berlumur darah, berbeda dengan Child’s Play 1 yang hampir tidak terlihat darah pada korbannya. Dalam artian, keadaan korban setelah pembunuhan tidak diperlihatkan. Dalam Curse of Chucky, Chucky akan membunuh siapapun, bahkan manusia tak berdosa sekalipun, dalam Child’s Play 1 Chucky hanya akan membunuh orang-orang yang membuatnya kesal dan marah. Chucky dalam aksinya juga tidak sekeras dalam Curse of Chucky, seperti saat ia menebas kaki Mike yang hanya dengan sekali tebasan, kemudian Chucky langsung lari. Berbeda dengan saat ia menebas tangan Nica dengan berkali-kali tebasan. Mungkin memang kondisinya berbeda, namun tetap saja di sini Chucky sepertinya lebih manusiawi (?).

     

1 comment:

  1. Apa cuma aku yg merasa Charles Lee Ray ( Chucky saat masih berwujud manusia ), dia lebih ganteng :''3

    ReplyDelete