Contact Me

Friday, August 22, 2014

Tips --- Menghadapi dan Menjalani OSPEK (Versi Mbak Yu)


Halooo lohaaa... Apa kabar sodara-sodari? Semoga baik-baik aja ya! Dalam kesempatan yang berbahagia ini, ane mau share mengenai tips menghadapi dan menjalani OSPEK berdasarkan dengan pengalaman ane semasa menjadi sang maba yang lucu dan imut kayak marmut pengen kentut...

Okey deh, langsung aja, berikut tipsnya.

1.  Jaga kesehatan, jangan sampai ente sakit pas OSPEK. Jangan sampai ente tidak bisa menikmati momen-momen indah OSPEK hanya karena suatu penyakit, sakit hati misalnya.

2.  Di malam OSPEK, usahakan jangan begadang. Yaa alasannya simple sih, kata Bang Haji: Begadang jangan begadang, supaya gak ngantuk pas OSPEK berlangsung.

3.  Persiapkan semua perlengkapan yang harus dibawa. Biasanya kan ada tuh barang bawaan yang wajib dibawa oleh sang maba ketika OSPEK, barang teka-teki itu tuh, tau kan ente? Nah, persiapkan barang-barang yang wajib dibawa tersebut. Ada juga barang wajib lainnya, misalnya ID card. Pokoknya, jangan sampai lupa dengan barang-barang wajib tersebut. Kalo ente sampai lupa, heemmmm,,, gak tau deh ane apa yang akan terjadi sama ente... Yaaah, bisa jadi dihukum push-up, dijewer telinganya, atauuuu,,,, diceburin ke danau!! Hahaa, gak deh, ane bercanda! Yaa yang pasti ada hukumannya sih biasanya.

4.  Bangun pagi, jangan sampai telat bangun. Pasang alarm dan jangan abaikan alarm yang telah membangunkan dari tidur nyenyak ente. Jangan jadikan alarm sebagai musuh ente! Tapi, cintailah dia sepenuh hati ente!!

5.   Jangan lupa sarapan pagi. Ini sangat penting! Kegiatan OSPEK sangat padat dan melelahkan. Kalo ente gak sarapan, takutnya nanti ente jadi lemes, bahaya juga kalo sampai pingsan. Ehh, mungkin ada juga yang berharap agar pingsan dan dapat napas buatan dari kakaknya yang cakep! Bersyukur deh kalo harapan ente gak lepas, tapi gimana tuh kalo yang ngasih napas buatan mukanya kayak d*ngkul? Makanya, gak usah terlalu berharap, mending cari aman aja, jangan sampai pingsan, okey?

6.   Jangan abaikan hal kecil sekalipun *apalagi hal besar*. Misalnya nih, udah dikasih tau bahwa para maba harus memakai sepatu warna hitam polos. Ya udah, berarti ente harus pakai sepatu berwarna hitam polos, jangan pakai sepatu yang warnanya selain hitam, apalagi sepatu warna-warni kayak pelangi yang konon katanya sebagai pertanda bidadari sedang mandi. Pokoknya, nurut aja deh sama perintah dan petunjuknya!

7. Datanglah tepat waktu ke TKP, jangan sampai terlambat,  waktu adalah hukuman (bagi yang terlambat).

8.  Cari teman sebanyak-banyaknya, baik teman seprodi maupun bukan seprodi. Dengan banyaknya teman, maka ente juga akan punya banyak teman untuk berbagi, baik berbagi informasi, maupun berbagi dalam suka dan duka *cieee*. Yaa minimal pas ente dihukum ada temannya, jadi gak sendirian dikurung di WC. Eh, bercanda koq!! Hehee

9.   Saat OSPEK berlangsung, mungkin ente akan merasa lelah, bete, mungkin juga jengkel karena suatu hal, tapi ente jangan sampai ngomel-ngomel dan mengeluh, sebagai gantinya lebih baik ente berdzikir, yaa buat nambah pahala OSPEKnya, supaya lebih afdhol gitu, tapi kalo misalnya gak boleh bersuara, ya udah berdzikir di dalam hati aja. Semakin mengeluh, maka akan terasa semakin berat menjalani OSPEK. So, nikmati aja! Bahkan jika dihukum tanpa sebab yang jelas sekalipun, nikmati aja, kapan lagi bisa dapat hukuman seperti itu? Ini momen langka loh!

10.Dalam OSPEK, biasanya ada saat-saat di mana para maba tidak boleh memainkan gadget, tidak boleh ngomong, dan aturan-aturan lainnya. Jika ente melanggar aturan-aturan tersebut, mungkin pada saat itu tidak akan ditegur oleh kakak panitia OSPEK, mereka akan membiarkan saja apapun yang ente lakukan. Tapi ingat! Peraturan tetap berlaku dan ente akan mendapatkan sanksinya, cepat atau  lambat ente akan merasakan ganjaran atas perbuatan ente. So, waspadalah jika tidak ingin telinganya dijewer!

11. Berbagilah dengan teman-teman seperjuangan di dalam OSPEK. Jika ada teman yang butuh pertolongan, sebisa mungkin tolonglah dia. Dalam hal ini, ane punya kenangan tak terlupakan yang mungkin selalu membuat ane tertawa jika mengingatnya. Boleh kah ane curhat? Tentu boleh donk, karena ini blog ane dan ane bebas mau nulis apa aja, hehee. 

Dulu, pas zaman ane OSPEK, ada hari di mana ane harus membawa nasi kuning tiap hari. Di hari terakhir, mungkin karena ane berangkat lebih awal dari biasanya, maka saat itu belum ada warung nasi kuning yang buka. Waktu itu sudah hampir jam 6. Ane bingung banget, mau bikin nasi kuning juga udah gak sempat lagi. Lebih parahnya, ane udah janji sama salah satu teman ane kalau ane mau beliin nasi kuning juga buat dia. Gawat banget kan ini? Pikir-pikir-pikir, akhirnya ane balik ke kost. Di kost ane menemukan sebungkus nasi kuning dan sebungkus nasi putih sisa kemaren, kedua bungkus nasi sisa tersebut telah b*si. Kemudian sebagian nasi kuning itu ane campurkan dengan nasi putih, sehingga jadilah sebungkus nasi kuning dan sebungkus nasi putih campur kuning. Sebungkus buat ane dan sebungkus lagi buat teman ane yang tak mau disebutkan namanya. Syukurlah pada saat OSPEK tersebut nasi kuning hanya ditunjukkan dalam keadaan masih terbungkus dan tidak ada aturan wajib memakan nasi kuning yang telah dibawa. Aman deh! Kalau misalkan aturan itu ada, entahlah apa yang akan ane dan teman ane lakukan. Gak tau juga, gimana reaksi para panitia OSPEK kalau mereka tau ada maba yang membawa nasi kuning b*si.

Ada satu kejadian lagi, waktu itu maba harus memakai pita warna ungu di salah satu lengannya, salah satu teman ane lupa membawa pita. Akhirnya, pita punya ane dibelah dua memanjang, satu buat ane dan satu lagi buat teman ane. Kami memiliki pita yang sama panjang dengan yang dimiliki oleh maba lain, tetapi kebanyakan maba memakai pita dengan lebar 1 cm, sedangkan kami hanya 0,5 cm. Untungnya pada waktu itu ukuran lebar pita tidak jadi permasalahan, hanya panjangnya saja yang harus sesuai dengan yang telah ditentukan. 

Sampai sekarang kedua kejadian tersebut selalu membuat ane tersenyum atau tertawa ketika mengingatnya. Agak konyol sih, harus membawa nasi b*si.

Dari beberapa tips di atas, dapat kita ambil intinya saja, yaitu disiplin dan menikmati setiap detiknya, serta jangan menjadikan OSPEK sebagai beban. Setuju?

Okey, sekian aja tips dari ane untuk para maba yang mau menghadapi dan menjalani OSPEK. Semoga tips sederhana ini bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan tipsnya, silahkan tinggalkan di kotak komentar!

Salam mahasiswa!

                           

2 comments:

  1. Wuuiiiihh manteppp tipsnya mbak yuuu... (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih :D
      Silahkan, kalau mau menambahkan tipsnya!!

      Delete