Contact Me

Sunday, January 1, 2017

Cuap-Cuap Tentang Film --- Memento _ Mystery - Thriller _ Amerika



Sutradara                       :  Christopher Nolan
Produser                         :  Suzanne Todd
                                         Jennifer Todd
Penulis                            :  Christopher Nolan
Berdasarkan                   :  Memento Mori (Karya Jonathan Nolan)
Pemeran                         :  Guy Pearce
                                         Carrie-Anne Moss
                                         Joe Pantoliano
Musik                             :  David Julyan
Sinematografi                :  Wally Pfister
Penyunting                      :  Dody Dorn
Perusahaan Produksi        :  Summit Entertainment
                                         Team Todd
Distributor                    :  Newmarket
Tanggal Rilis                   :  16 Maret 2001
Durasi                            :  113 menit
Negara                           :  USA
Bahasa                            :  Inggris
Source: Wikipedia

Memento merupakan sebuah film yang mengisahkan seorang lelaki bernama Leonard Shelby yang mengidap penyakit short term memory loss syndrome. Penyakit ini membuat penderitanya tidak bisa membuat ingatan jangka pendek. Ia akan lupa kejadian yang terjadi beberapa menit yang lalu, bahkan kadang ia juga lupa tentang apa yang sedang ia lakukan. Namun, ia masih dapat mengingat kejadian-kejadian sebelum ia mulai mengidap penyakit tersebut. Menurut pengakuan Shelby, ia mulai mengidap penyakit ini sejak istrinya tewas dibunuh dan saat yang bersamaan kepalanya terbentur. Sejak itu pula Shelby mulai mencari dan ingin membalas dendam kepada orang yang telah membunuh istrinya tersebut.

Proses balas dendam tak mudah dilakukan oleh Shelby dengan penyakit yang dideritanya. Bagaimana tidak, ia akan melupakan informasi-informasi yang sudah ia miliki tentang si pembunuh. Ia lupa tentang siapa yang membunuh istrinya, di mana alamat si pembunuh, apa mobil yang dikendarainya, dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan si pembunuh. Walaupun akhirnya Shelby menemukan cara untuk menyimpan beberapa informasi penting, yaitu menggunakan catatan, foto, dan tato yang memenuhi tubuhnya, namun catatan-catatan tersebut juga tidak mungkin untuk memuat informasi selengkapnya, terkadang ada bagian yang tidak dicantumkan di dalam catatan sehingga membuat catatan tersebut menjadi rancu dan membingungkan.

Bermodalkan catatan-catatan dan beberapa orang yang dipercayainya, Shelby terus berusaha menemukan orang yang telah membunuh istrinya.

Setelah menonton film ini, ane jadi kasihan sama si Leonard Shelby. Hidupnya terlalu rumit, juga terlalu mudah untuk dipermainkan. Seperti yang dikatakannya juga, apa yang membuat orang mengambil keuntungan dari seseorang dengan penyakit seperti itu?

Pada dasarnya, film ini cukup sederhana menurut ane hingga akhirnya alur yang rumit di sepanjang film ini membuat penonton menjadi memutar otak untuk memahaminya. Dengan alur seperti ini, akan membuat kita turut merasakan seperti yang dirasakan Shelby karena ia tidak dapat membuat ingatan jangka pendek, seperti halnya kita yang juga tidak tau kenapa tiba-tiba kejadiannya seperti ini, kenapa jadi seperti itu, yang mana kebingungan tersebut akan terjawab di bagian berikutnya. So, ane suka alurnya dan ane kasih dua jempol untuk film ini.

               

No comments:

Post a Comment